Cara Merawat Tanaman Lili Paris

Cara Merawat Tanaman Lili Paris

Cara Merawat Tanaman Lili Paris

Lili paris atau Chlorophytum comosum adalah tanaman hias yang memiliki daun memanjang berwarna hijau dengan tepi putih. Tanaman ini juga dikenal sebagai bulu ayam atau spider plant. Lili paris sangat mudah untuk ditanam dan dirawat, sehingga cocok untuk pemula yang ingin memiliki tanaman hias di rumah. Selain itu, lili paris juga dapat membersihkan dan menyegarkan udara di dalam ruangan.

Berikut adalah cara menanam dan merawat lili paris di rumah dengan mudah dan tidak ribet:

Cara Menanam Lili Paris

  1. Cara Memperbanyak Tanaman. Ada dua cara untuk memperbanyak atau menanam lili paris. Cara yang pertama adalah dengan memisahkan sebagian rumput dari induknya. Petik atau potong akar tanaman menjadi beberapa bagian, lalu tanam di media tanam yang baru. Cara yang kedua adalah dengan memotong atau memetik anakan tanaman secara langsung. Setelah dipetik, anakan tanaman kemudian dimasukkan ke wadah yang berisi air agar akarnya dapat tumbuh dan keluar12.
  2. Media Tanam Lili Paris. Lili paris dapat tumbuh di berbagai jenis media tanam, asalkan memiliki drainase yang baik. Jika Anda menanamnya di luar ruangan, tanam di daerah dengan tanah berdrainase baik, seperti tanah yang mengandung pasir. Jika Anda menanamnya di dalam ruangan, Anda dapat mencampurkan tanah subur dan kompos lalu masukkan ke dalam pot. Jangan lupa untuk memberi pecahan genting atau bata merah pada dasar pot sebelum memasukkan tanah13.
  3. Penempatan Pot. Lili paris tidak membutuhkan sinar matahari berlimpah, jadi tanaman ini juga bisa tumbuh dengan baik di kamar mandi dan kamar tidur. Tanaman ini juga tumbuh subur di kusen jendela, meski Anda harus meletakkannya sekitar 30 cm dari jendela yang menghadap ke selatan saat musim kemarau. Lili paris di luar ruangan harus mendapatkan naungan secukupnya di siang hari, karena sinar matahari secara langsung bisa membakar tanaman ini3.
  4. Penyiraman dan Pemupukan. Penyiraman dilakukan secukupnya saja. Anda dapat menyiram tanaman setiap 1 sampai 2 hari sekali di musim kemarau dan sekali tiap minggu di musim hujan. Gunakan air suling atau air murni, karena lili paris sangat sensitif terhadap kandungan fluoride dalam air keran3. Agar tanaman dapat tumbuh lebih lebat, Anda dapat memberikan pupuk NPK sebanyak 4 gram atau 1 sendok teh setiap 3 bulan sekali1.

Cara Merawat Lili Paris

  • Menjaga Lili Paris Tetap Lembap. Periksa kelembapan tanah pada tanaman hias yang satu ini. Jika tanah sudah terasa kering, itu artinya sudah waktunya Anda menyiram tanaman hias lili paris. Menyiram secukupnya atau sekali seminggu selama setahun pertama mampu membuat tanah tetap lembap, tetapi tidak terlalu basah. Setelah tahun pertama, Anda bisamenyiramnya sesekali saja. Jika Anda menanamnya dalam pot, segera buang kelebihan air di baki penampungan setelah menyiramnya.
  • Memindahkan Tanaman. Ketika tanaman sudah semakin membesar dan bahkan tumbuh ke luar dari potnya, maka sudah saatnya tanaman dipindahkan. Pilih pot yang lebih besar dengan lubang drainase yang baik. Pastikan media tanam yang Anda gunakan baru, dan pindahkan tanaman dengan hati-hati agar tidak merusak akarnya .
  • Pemangkasan Daun Kering. Daun yang berwarna cokelat pada tanaman adalah tanda adanya timbunan mineral pada tanah. Anda dapat memangkas daun kering dengan gunting bersih dan tajam. Jangan memotong daun yang masih hijau, karena itu bisa mengurangi daya tahan tanaman .
  • Memberikan Insektisida. Lili paris jarang diserang hama, tetapi jika Anda melihat adanya kutu daun, tungau laba-laba, atau serangga lainnya, Anda dapat memberikan insektisida alami seperti sabun cair atau cuka. Semprotkan insektisida pada daun dan batang tanaman secara merata. Ulangi proses ini sampai hama hilang .

Demikianlah cara menanam dan merawat lili paris di rumah dengan mudah dan tidak ribet. Lili paris adalah tanaman hias yang cantik dan bermanfaat untuk kesehatan. Dengan perawatan yang tepat, Anda dapat menikmati keindahan dan kesegaran tanaman ini di rumah Anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *